Mengenal Diet Ketogenic

Diet keto dikenal sebagai diet rendah karbohidrat, dimana tubuh memproduksi keton di hati yang akan digunakan sebagai energi. Ada banyak nama berbeda untuk diet ini – diet ketogenik, diet rendah karbohidrat, low carb high fat (LCHF), dll.

Bila Anda makan sesuatu yang tinggi karbohidrat, tubuh Anda akan menghasilkan glukosa dan insulin:

  • Glukosa adalah molekul yang paling mudah diubah oleh tubuh Anda dan digunakan sebagai energi sehingga glukosa yang paling dipilih tubuh sebagai sumber enegri dibanding sumber energi lainnya.
  • Insulin diproduksi untuk memproses glukosa dalam aliran darah Anda dengan membawanya ke seluruh tubuh.

Karena glukosa digunakan sebagai energi primer, lemak Anda tidak dibutuhkan dan karena itu disimpan. Biasanya pada diet karbohidrat normal dan lebih tinggi, tubuh akan menggunakan glukosa sebagai bentuk energi utama. Dengan menurunkan asupan karbohidrat, tubuh diinduksi ke dalam keadaan yang dikenal sebagai ketosis.

Ketosis adalah proses alami yang diawali tubuh untuk membantu kita bertahan saat asupan makanan rendah. Selama keadaan ini, kita memproduksi keton, yang dihasilkan dari pemecahan lemak di hati.

Tujuan akhir diet keto yang dipelihara dengan baik adalah memaksa tubuh Anda memasuki keadaan metabolik ini. Kita tidak melakukan ini melalui kelaparan kalori tapi kelaparan karbohidrat.

Tubuh kita sangat adaptif terhadap apa yang Anda masukkan ke dalamnya – saat Anda membebaninya dengan lemak dan mengambil karbohidrat, ia akan mulai membakar keton sebagai sumber energi utama. Tingkat keton optimal menawarkan banyak kesehatan, penurunan berat badan, manfaat kinerja fisik dan mental.

Keuntungan Diet Ketogenic

Ada banyak manfaat dari diet keto: dari penurunan berat badan dan peningkatan tingkat energi hingga aplikasi medis terapeutik. Kebanyakan orang dapat dengan aman mendapatkan keuntungan dari mengonsumsi makanan rendah karbo dan tinggi lemak. Di bawah ini, Anda akan menemukan daftar singkat manfaat yang dapat Anda dapatkan dari makanan ketogenik:

Menurunkan Berat Badan

Diet ketogenik pada dasarnya menggunakan lemak tubuh Anda sebagai sumber energi – sehingga terlihat penurunan berat badan yang nyata. Pada keto, hormon insulin (hormon penyimpan lemak) turun sangat banyak sehingga mengubah tubuh Anda menjadi mesin pembakaran lemak.

Secara ilmiah, diet ketogenik telah menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat; bahkan dalam jangka panjang.

Banyak orang memasukkan MCT Oil ke dalam makanan mereka (meningkatkan produksi keton dan kehilangan lemak) dengan minum kopi ketoproof di pagi hari.

Mengendalikan Gula Darah

Keto secara alami menurunkan kadar gula darah karena jenis makanan yang Anda makan. Studi bahkan menunjukkan bahwa diet ketogenik adalah cara yang lebih efektif untuk mengelola dan mencegah diabetes dibandingkan dengan diet rendah kalori.

Jika Anda pra-diabetes atau memiliki diabetes tipe II, Anda harus benar-benar mempertimbangkan diet ketogenik. Kami memiliki banyak pembaca yang telah sukses dengan kontrol gula darah mereka di keto.

Fokus Mental

Banyak orang menggunakan diet ketogen khusus untuk peningkatan kinerja mental. Keton adalah sumber bahan bakar untuk otak. Bila Anda menurunkan asupan karbohidrat, Anda menghindari lonjakan besar gula darah. Bersama-sama, ini bisa menghasilkan fokus dan konsentrasi yang lebih baik.

Studi menunjukkan bahwa peningkatan asupan asam lemak dapat berdampak pada fungsi otak kita.

Peningkatan Energi & Kelaparan yang Normal

Dengan memberi tubuh Anda sumber energi yang lebih baik dan lebih andal, Anda akan merasa lebih berenergi di siang hari. Lemak terbukti menjadi molekul yang paling efektif untuk dibakar sebagai bahan bakar.

Selain itu, lemak secara alami lebih memuaskan dan akhirnya meninggalkan kita dalam keadaan kenyang (“penuh”) lebih lama.

Mengobati Epilepsi

Diet ketogenik telah digunakan sejak awal 1900-an untuk mengobati epilepsi, dan masih merupakan salah satu terapi yang paling banyak digunakan untuk anak-anak yang memiliki epilepsi yang tidak terkontrol saat ini.

Salah satu manfaat utama diet ketogenik dan epilepsi adalah hal ini dapat membuat penderitanya mengkonsumsi lebih sedikit obat, namun tetap memberikan hasil yang baik

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian juga menunjukkan hasil yang signifikan pada orang dewasa yang diobati dengan keto juga.

Kolesterol & Tekanan Darah

Diet keto telah terbukti memperbaiki kadar trigliserida dan kadar kolesterol yang paling banyak dikaitkan dengan peningkatan arteri. Lebih khusus lagi, diet karbohidrat rendah, dan tinggi lemak meningkatkan HDL secara dramatis dan menurunkan konsentrasi partikel LDL dibandingkan dengan makanan rendah lemak.

Banyak penelitian tentang diet rendah karbohidrat juga menunjukkan peningkatan tekanan darah yang lebih baik dibandingkan diet lainnya.

Beberapa masalah tekanan darah dikaitkan dengan kelebihan berat badan. Hal ini hanyalah bonus karena keto cenderung menyebabkan penurunan berat badan.

Resistensi insulin

Resistensi insulin dapat menyebabkan diabetes tipe II jika dibiarkan tidak terkelola. Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa diet ketogenik rendah karbohidrat dapat membantu orang menurunkan kadar insulin mereka hingga rentang sehat.

Bahkan jika Anda atletis, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari pengoptimalan insulin pada keto melalui makan makanan tinggi asam lemak omega-3.

Membantu Mengurangi Jerawat

Merupakan hal yang umum ketika Anda mengalami perbaikan pada kulit saat beralih ke makanan ketogenik.

Inilah satu studi yang menunjukkan penurunan pada lesi dan radang kulit saat beralih ke diet rendah karbohidrat. Studi lain menunjukkan kemungkinan hubungan antara makan tinggi karbohidrat dan peningkatan jerawat, jadi kemungkinan keto bisa membantu.

Jika Anda mengalami masalah jerawat, isebaiknya mengurangi asupan susu dan mengikuti rejimen pembersihan kulit yang ketat.

One thought on “Mengenal Diet Ketogenic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s