Penggolongan Obat (Jenis)

Buat Anda yang suka membeli obat, tentunya tidak asing dengan tanda-tanda seperti bulatan hijau, biru atau bahkan merah yang ada di kemasan obat yang Anda beli. Sebagian dari Anda sudah tahu makna dari tanda-tanda tersebut, sementara sebagian lainnya mungkin belum tahu. Dalam artikel kali ini, kami ingin mengulas penggolongan obat yang merupakan pembeda dari tanda-tanda tersebut.

Penggolongan obat diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 917/Menkes/Per/X /1993.

Dilakukannya penggolongan obat bertujuan untuk meningkatkan keamanan serta ketepatan pemakaian atau penggunaan dan pengamanan distribusi obat.

Penggolongan obat terdiri atas, obat bebas, obat bebas terbatas, obat wajib apotek (obat keras yang dapat diperoleh tanpa resep dokter diapotek, diserahkan oleh apoteker), obat keras, psikotropika, dan narkotika.

Obat Bebas

Image result for obat bebas

Obat bebas atau  yang dapat disebut juga obat OTC (Over The Counter) dapat dengan mudah ditemukan baik di toko-toko obat atau apotek. Anda dapat membelinya tanpa menggunakan resep dokter.

Zat aktif yang terkandung di dalamnya relative aman dan memiliki efek samping yang rendah selama dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dan dosis yang tertera pada kemasan, Anda tidak memerlukan pengawasan dokter untuk mengonsumsinya.

 Obat yang termasuk golongan ini ditandai dengan lingkaran berwarna hijau bergaris tepi hitam yang terdapat pada kemasan. Umumnya, obat bebas digunakan untuk mengobati penyakit yang termasuk kategori ringan, seperti pusing, flu, maupun batuk. Atau dapat berupa suplemen nutrisi dan multivitamin.

Obat Bebas Terbatas

Image result for obat bebasterbatasSama halnya dengan obat bebas, obat bebas terbatas dapat pula disebut obat OTC (Over The Counter), yakni merupakan obat yang sebenarnya termasuk obat keras namun dalam jumlah tertentu masih dapat dijual di apotek dan dapat Anda beli tanpa resep dari dokter.

Sebelumnya, golongan obat ini disebut dengan daftar W. “W” dalam bahasa Belanda adalah singkatan dari kata “Waarschuwing” yang artinya peringatan.

Jika Anda melihat kemasan obat dengan tanda lingkaran biru bergaris tepi hitam, ini menandakan bahwa obat tersebut tergolong obat bebas terbatas. Selain itu, disertai pula tanda peringatan pada kemasannya, seperti berikut

Image result for peringatan obat keras

Golongan obat bebas terbatas dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang kategorinya ringan hingga cukup serius. Namun, jika Anda tidak lekas sembuh setelah mengkonsumsi obat ini, berhentilah dan segera periksakan diri Anda ke dokter.

Obat Keras

Image result for obat kerasDahulu obat keras disebut dengan golongan obat G. “G” adalah singkatan dari “Gevarlijk” yang artinya berbahaya. Berbahaya disini dimaksudkan jika pemakaiannya tidak berdasarkan resep dokter karena dikhawatirkan dapat memperparah penyakit, meracuni tubuh, bahkan menyebabkan kematian.

Obat keras tidak dapat Anda beli dengan bebas di apotek melainkan harus menggunakan resep dokter.

Kemasan pada golongan obat keras ditandai dengan lingkaran merah bergaris tepi hitam yang terdapat huruf K didalamnnya.

Umumnya yang termasuk golongan obat ini, yakni:

  • Obat generik
  • Obat Wajib Apotek (Obat keras yang dapat diberikan langsung oleh apoteker tanpa resep dokter)
  • Antibiotik, seperti penisilin, tetrasiklin, sefalosporin, ampisilin, dan sebagainya
  • Obat – obatan yang mengandung hormon, seperti obat penenang, obat diabetes, dan lainnya.
  • Psikotropika (akan dibahas dalam artikel lain)

Narkotika

Image result for logo narkotikaNarkotika adalah obat-obatan yang dapat berasal dari tanaman maupun tidak, baik berupa sintesis ataupun semi sintetis. Narkotika dapat menyebabkan beberapa pengaruh bagi orang yang mengonsumsinya, seperti mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri, menurunkan atau merubah tingkat kesadaran, hilangnya rasa, serta menimbulkan efek ketergantungan.

Sementara itu, untuk jenis obat – obatan narkotika ditandai dengan lambang “Palang Mendali Merah”.

Penjelasan lebih lanjut mengenai Narkotika akan kita bahas dalam artikel lainnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s